Skip to main content

manusia dan kebudayaan



MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
                Manusia sendiri merupakan makhluk sosial yang selalu berhubungan dengan lingkungan sekitar nya baik alam maupun masyarakatnya. Budaya terbentuk karena adanya kebutuhan kebuthuan manusia lalu mereka menanggapi suatu kondisi alam sekitar, bagaimana menyikapinya. Manusia dan kebudayaan adalah hubungan atara manusia itu sendiri dengan lingkungan sekitar lalu terbentuklah suatu kebiasaan yang menjadi sebuah budaya, dan diwariskan secara turun temurun kepada keturunannya.
1.       Manusia
Manusia secara biologis diklasifikasika sebagai homo species yang berarti “manusia yang tahu” sebuah spesies primata dari golonan mamalia yang dilengkapi otak  berkemampuan tinggi.
a.       Ciri ciri fisik
Secara biologi manusia diartikan sebagai homoid dari spesies Homo sapines. Manusia menggunakan seluruh anggota badan dengan baik. Misalnya berjalan sempurna dengan kedua kakinya.
Manusia lahir setelah Sembilan bulan dalam kandungan , lalu tumbuh hingga dewasa.
Warna kulit yang bervariasi , sesuai dengan dimana mereka tinggal dan gen yang dibawa dari kedua orang tuanya.
b.      Ciri ciri mental
Meskipun manusia dilengkapi otak bukan berati manusia merupakan organisme terpintar, buktinya banyak penelitian yang menyebutkan beberapa hewan memiliki kecerdasan.
Bedanya manusia dengan makhluk hidup lain ialah manusia memiliki akal pikiran.
Pengenalan pola ( mengenali susunan gambar dan warna serta meneladani sifat)merupakan bukti bahwa manusia mempunyai mental yang baik.
Dalam segi rohani manusia dilihat dalam hubungannya dengan tuhan.
Contoh sistem kerohanian yang dianut oleh manusia :
a.       Animisme
Animasi merupakan kepercayaan akan adanya roh nenek moyang.
b.      Dinamisme
Dinamisme merupakan keyakinan manusia terhadap benda benda yang dipercaya memiliki kekuatan.
c.       Politeisme
Merupakan orang orang yang mempercayai tuhan lebih dari satu atau banyak.
d.      Monoteisme
Kepercayaan bahwa tuhan adalah satu atau tunggal.

2.       Budaya atau Kebudayaan
Berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah  yang merupakan bentuk dari buddhi ( budi atau akal). Dalam bahasa inggris disebut culture yang bersal dari lantin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan.
Budaya merupakan cara hidup yang berkembang suatu kelompok orang lalu diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur seperti sistem agama, politik, adat istiadat, bahasa, dan lain lain. Bersifat kompleks, abstrak, dan luas.

a.       Pengertian kebudayaan
·         Malville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski
Mengungkapkan bahwa semua prilaku masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki masyarakat tersebut. Herskovits juga melihat bahwa kebudayaan merupakan sesuatu yang turun temurun dari generasi ke generasi, yang disebut superorganic.
·         Andreas Eppink
Kebudayaan mengandung nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan setra keseluruhan struktur sosial, agama dan lain lain. Kebudayaan juga menunjukan cirihas suatu masyarakat.
·         Edward Burnett Tylor
Kebudayaan merupakan sesuatu yang kompleks yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan kemampuan lain yang didapat sesseorang sebagai anggota masyarakat.
·         M. Selamet Riyadi
Kebudayaan merupakn bentuk rasa cinta dari nenek moyang kita yang diwariskan kepada seluruh keturunannya.

Dari definisi definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah benda benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa prilaku, peralatan hidup, organisasi sosial, religi,seni, dan lain lain, yang ditunjukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.


3.       Hubungan manusia dan budaya
Hubungan manusia dengan budaya sangat erat saling berkaitan. Manuisa membutuhkan budaya untuk bermasyarakat , dan budaya terbentuk dari prilaku manusia dalam merespon lingkungan.
Budaya juga berbeda beda, karna banyak faktor yang menyebabkan budaya itu berbeda.

Dari waktu ke waktu budaya juga mengalami perkembangan. Misalnya kemajuan IPTEK membuat kebiasaan atau prilaku manusia berubah, dari yang senang bersosialisasi langsung menjadi lebih introvert.





Daftar pustaka :wikkipedia

Comments

Popular posts from this blog

poltik dan strategi nasional dalam bidang pendidikan

DAFTAR ISI DAFTAR ISI..................................................................................................................... KATA PENGANTAR.......................................................................................................... PENDAHULUAN............................................................................................................... A.       Latar Belakang.................................................................................................... PEMBAHASAN................................................................................................................. A.       Pengertian Politik dan Strategi ........................................................................... B.       Politik dan Strategi Nasional............................................................................... C.       Penyusunan Politik dan Strategi Nasional........................................................... D.

komposisi titik

 Untuk blog kali ini aku mau ngasih preview salah satu tugas esbenku yang komposisi itik. Mungkin nanti ini temen temen ku pada bilang aku mau nyombong apa gimana ya terserah deh ya, tapi sebenernya aku cuma bingung mau nulis apa untuk tugas komputer dasar ini. Di blog sebelumnya kan berisi kaya puisi gitu ya , padahal si kalo aku bilang itu hanya beberapa kata yang terlintas aja di otak terus aku susun biar ngga terlihat sedemikian rupa. Sampe ada yang nanya kenapa sih atika galau mulu? Atau kenapa isi semua sosmed kata katanya galau mulu? Sebenernya itu tuh Cuma karya yang aku buat dari beberapa cerita teman temen ku yang seing curhat jadi   iseng iseng deh dibikin kaya gitu. Dan ya makasih yang nyuruh aku buat nulis,sampe akhirnya aku bisa nulis kata kata yang biasa ini. Lahh malah jadi curhat ..... Kembali ke pembahasan !!! Berhubung aku abis penilaian esben dan sekarang masih stres dengan tugas esben sekalian mau share karya pertama dan tugas pertama esbenku. Jadi aku

KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG EKONOMI

KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG EKONOMI   DAFTAR ISI DAFTAR ISI....................................................................................................... KATA PENGANTAR........................................................................................ PENDAHULUAN.................................................................................. A.       Latar Belakang................................................................................................... PEMBAHASAN............................................................................................ A.       Ketahanan NasionaL........................................................ B.       Ekonomi ................................................................................................. C.       Pengaruh Ketahanan Nasional di Bidang Ekonomi ..........................................................