Skip to main content

poltik dan strategi nasional dalam bidang pendidikan



DAFTAR ISI
DAFTAR ISI.....................................................................................................................
KATA PENGANTAR..........................................................................................................
PENDAHULUAN...............................................................................................................
A.      Latar Belakang....................................................................................................
PEMBAHASAN.................................................................................................................
A.      Pengertian Politik dan Strategi ...........................................................................
B.      Politik dan Strategi Nasional...............................................................................
C.      Penyusunan Politik dan Strategi Nasional...........................................................
D.      Implementasi strategi dalam bidang pendidikan...........................................................................................................
E.       Dampak dari Pengaruh Ketahanan Nasional di Bidang Ekonomi...........................
PENUTUP..........................................................................................................................
A.      KESIMPULAN.......................................................................................................
B.      SARAN.................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................................

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmatdan Hidayahnya sehingga sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dengan judul “Ketahanan Nasional”.
Tak lupa pula kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada teman-teman dan pihak-pihak yang telah membantu dalam penlisan ini.Kami mengetahui bahwa makalah  ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itulah saya  sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat mendukung demi pembelajaran saya kedepan dalam penyusunan makalah berikutnya .Makalah ini disusun dengan harapan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua tentang politik dan strategi nasional dalam bidang pendidikan.
 Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu referensi pembaca dalam memahami pendidikan kewarganegaraan serta membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pemabaca. Selain itu semoga dengann makalah ini pula dapat menyadarkan kita bahwasanya bukan hanya pemerintah yang bertanggung jawab dalam dunia pendidikan indoonesia tapi alangkah baiknya kalau kita juga ikut berpartisipasi di dalamnya agar pendidikan Indonesia semakin maju.
















PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Politik dan Strategi nasional merupakan satu-kasatuan yang tidak dapatdipisahkan. Politik yang dikatakan sebagai upaya proses menentukan tujuan dancara memujudkannya berhubungan langsung dengan strategi yang merupakan kerangka rencana untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini politik dan strategi nasional merupakan sesuatu yang berhubungan erat dengan cara-carauntuk mencapai tujuan nasional.Politik nasional pada hakikatnya merupakan kebijakan nasional. Hal inidikarenakan, politik nasional merupakan landasan serta arah bagi konsep strategi nasional dan strategi nasional merupakan pelaksanaan dari kebijakan nasional.
Dalam penyusunan politik nasional hal-hal yang perlu diperhatikan secara garis besar adalah kebutuhan pokok nasional yang meliputi masalah kesejahteraan umum dan masalah keamanan dan pertahanan negara.Pelaksanaan politik dan strategi nasional yang dilekukan oleh Negara Indonesia mencakup beberapa bidang yang dianggap central bagi penyelarasan kehidupan berbangsa dan bernegara dari masyarakat Indonesia.






















PEMBAHASAN

A.     Pengertian Politik dan Strategi
1.      Pengertian Politik
Secara etimologis, kata politik berasal dari bahasa Yunani politeia yang akar katanya polis,berarti kesatuan masyarakat yang mengurus dirinya sendiri (negara), sedangkan teia berarti urusan. politeia berarti menyelenggarakan urusan negara. Jadi secara etimologis pengertian politik adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan yang menyangkut kepentingan dari sekelompok masyarakat (negara).
Secara umum politik mempunyai 2 arti yaitu politik dalam arti kepentingan umum (politics) dan politik dalam arti kebijakan (policy). Politik dalam arti politics adalah rangkaian asas/prinsip, keadaan, jalan, ncara atau alat yang akan digunakan unyuk mencapai tujuan. Politik dalam arti policy adalah penggunaan pertimbangan tertentu yang dapat menjamin terlaksananya usaha untuk mewujudkan keinginan/cita-cita yang dikehendaki.
Demikian bahwa pada umumnya dapat dikemikakan bahwa politik adalah berbagai kegiatan dalam suatu negara yang berkaitan dengan proses menentukan tujuan dan upaya-upaya dalam mewujudkan tujuan tersebut , pengambilan keputusan (decisionmaking) mengenai seleksi dari beberapaalternatif dan penyusunan skala prioritasnya. Negara, adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya.Kekuasaan, adalah kemampuan seseorang atau suatu kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang sesuai keinginan pelaku.Keputusan, adalah membuat pilihan dari beberapa alternatif. Sedangkan pengambilan keputusan menunjukkan pada proses tyang terjadisampai keputusan itu tercapai.
Kebijaksanaan, adalah suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seseorang pelaku kelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan itu.Pembagian dan alokasi, yang diamaksud adalah pembagian dan penjatahan dari nilai-nilai dalam masyarakat. Nilai itu sendiri adalah sesuatuyang dianggap baik atau benar. Adapun yang dimaksud “politik” dalam  pengertian ini adalah kebijakan umum dan pengambilan kebijakan untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa.

2.      Pengertian Strategi
Staregi berasal dari bahasa Yunani strategos yang berarti the art of general atau seni seorang panglima yang bisanya digunakan dalam peperangan. Dalam arti umum, strategi dapat diartikan sebagai kiat atau cara untuk memperoleh kemenangnan atau tercapainya suatu tujuan termasuk politik.Dalam pengertian umum, strategi adalah cara untuk mendapat-kan kemenanganatau pencapaian tujuan. Dengan demikian, strategi tidak hanya menjadi monopoli para jendral atau bidang militer, tetapi telah meluas ke segala bidang kehidupan.
Demikian, strategi pada dasarnya merupakan suatu kerangka rencanadan tindakan yang disusun dan disiapkan dalam suatu rangkaian pentahapanyang masing-masing merupakan jawaban terhadap tantangn baru yang terjadi sebagai akibat dari langkah sebelumnya, dan keseluruhan proses terjadi dalam suatu arah yang telah digariskan.

B.      Politik dan Strategi Nasional
Politik nasional dengan memperhatikan pengertian politik seperti diatas, dapat dirumuskan sebagai asas, haluan usaha serta kebijaksanaantindakan dari negara tentang pembinaan (perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, dan penegendalian, serta penggunaan potensi nasional untuk mencapi tujuan nasional).
Strategi nasional adalah cara melaksankan politik nasonal dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional, yakni merupakan pelaksanaan dari kebijaksanaan nasional. Dengan melaksanakan politik nasional disusunlah strategi nasional, seperti jangka pendek, jangakamenengah dan jangka panjang.
Politik nasional diartikan sebagai kebijakan umum dan pengambilan kebijakan untuk mencapai suatu cita-cita dan tujuan nasional. Dengan demikian definisi politik nasional adalah asas, haluan, usaha serta kebijaksanaan negara tentang pembinaan (perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, dan pengendalian) serta penggunaan kekuatan nasional untuk mencapai tujuan nasional. Sedangkan strategi nasional adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional.

C.      Penyusunan Politik dan Strategi Nasional
Politik dan strategi nasional yang telah berlangsung selama ini disusun berdasarkan sistem kenegaraaan menurut UUD 1945. Sejak tahun 1985 telah berkembang pendapat yang mengatakan bahwa jajaran pemerintah dan lembaga-lembaga yang tersebut dalam UUD 1945 merupakan “suprastruktur politik”. Lebaga-lembaga tersebut adalah MPR, DPR, Presiden, DPA, BPK, MA. Sedangkan badan-badan yang ada dalam masyarakat disebut sebagai “infrastruktur politik”, yang mencakup pranata politik yang ada dalam masyarakat, seperti partai politik, organisasi kemasyarakatan, media massa, kelompok kepentingan (interest group), dan kelompok penekan (pressure group). Suprastruktur dan infrastruktur politik harus dapat bekerja sama dan memiliki kekuatan yang seimbang.
Mekanisme penyusunan politik dan strategi nasional di tingkat suprastruktur politik diatur oleh presiden/mandataris MPR. Sedangkan proses penyusunan politik dan strategi nasional di tingkat suprastruktur politk dilakukan setelah presiden menerima GBHN.
Strategi nasional dilaksanakan oleh para menteri dan pimpinan lembaga pemerintah non departemen berdasarkan petunjuk presiden, yang dilaksanakan oleh presiden sesungguhnya merupakan politik dan strategi nasional yang bersifat pelaksanaan.



Garis-Garis Besar Haluan Negara sebagai arah penyelenggaraan negara dansegenap rakyat Indonesia, kaidah pelaksanaannya sbb:

1.   Presiden menjalankan tugas penyelenggaraan negara, berkewajiban untukmengerahkan semua potensi dan kekuatan pemerintahan dalammelaksanakan dan mengendalikan pembangunan nasional.
2.   DPR, MA, BPK, dan DPA berkewajiban melaksanakan GBHN sesuaidengan fungsi, tugas, dan wewenangnya berdasarkan UUD 1945.
3.   Semua lembaga tinggi negara berkewajiban menyampaikan laporan pelaksanaan GBHN dalam siding Tahunan MPR, sesuai dengan fungsi,tugas, dan wewenangnya berdasarkan UUD 1945.
4.   GBHN dalam pelaksanaan dituangkan dalam Program Pembangunan Negara       Lima Tahun yang memuat uraian kebijakan secara rinci danterstruktur yang secara yuridis ditetapkan oleh Presiden bersama DPR.
5.   PROPENAS dirinci dalam Rencana Pembangunan Tahunan yang memuatAPBN dan ditetapkan Presiden bersama DPR.

D.     Implementasi strategi dalam bidang pendidikan
1.      Pendidikan di Indonesia
Pendidikan di Indonesia adalah seluruh pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia, baik itu secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud), dahulu bernama Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Depdiknas).
 Di Indonesia, semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar dan tiga tahun di sekolah menengah pertama. Saat ini, pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pendidikan di Indonesia terbagi ke dalam tiga jalur utama, yaitu formal, nonformal, dan informal. Pendidikan juga dibagi ke dalam empat jenjang, yaitu anak usia dini, dasar, menengah, dan tinggi.
Bagaimana kondisi pendidikan di Indonesia saat ini? Adakah sangkut pautnya dengan krisis global?
Jika kita melihat kondisi pada saat ini, kondisi pendidikan Indonesia masih saja memprihatinkan atau kurang perhatian dari pihak pemerintah. Terutama mengenai fasilitas pendidikan di daerah-daerah yang kurang terlihat, baik sarana ataupun prasarana pendidikan. Masih saja kita lihat dan dengar kabar, bahwa masih adanya bangunan sekolah yang merupakan tempat paling utama untuk anak-anak mencari ilmu itu tidak layak untuk digunakan.
Berbicara tentang pendidikan di Indonesia, tidak akan lepas dari pemikiran tentang krisis pendidikan yang di sebabkan krisis ekonomi global yang terjadi. Biaya pendidikan yang melambung tinggi membuat anak-anak yang keadaan perekonomian nya kurang baik memiliki nasib yang kurang beruntung dikarenakan mereka harus putus sekolah dan bekerja untuk membantu pekerjaan orangtua. Hal ini adalah masalah besar yang dihadapi Indonesia, karena dengan adanya krisis pendidikan yang semakin merajalela ini akan membuat Indonesia semakin di remehkan oleh Negara-negara lain.
Banyaknya anak yang tidak bersekolah akan membuat SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia semakin tertinggal jauh kualitasnya dengan Negara-negara maju lainnya, apalagi dengan dibukanya program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), membuat kita khususnya warga Indonesia harus bisa bersaing dengan para tenaga kerja dari luar. Hal ini makin membuat kita sebagai mahasiswa untuk terus berkontribusi, menggiring pemikiran masyarakat luas untuk terus berkarya dalam rangka memujudkan pemerintahan yang baik, dengan kerja nyata kita bisa membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.
Pemerintah Indonesia sudah berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan berbagai kebijakan yang dibuat, tetapi hal tersebut belum juga mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Meskipun belum mampu meningkat dengan baik, tetapi sedikit demi sedikit mutu pendidikan di Indonesia akan meningkat jika pemerintah menjalankan kebijakan dengan sebenar-benar nya dan seserius mungkin tanpa ada penyimpangan. Pemerintah dan anak bangsa harus bekerja sama mencari solusi dan menyelesaikan masalah pada pendidikan saat ini. Anak bangsa juga hars membantu pemerintah untuk menjalankan berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

2.      Implementasi di bidang pendidikan
a.      Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu tinggi bagi seluruh rakyat Indonesia menuju terciptanya manusia Indonesia berkualitas tinggi dengan peningkatan anggaran pendidikan secara berarti.
b.      Meningkatkan kemampuan akademik dan profesional serta meningkatkan jaminan kesejahteraan tenaga kependidikan sehingga tenaga pendidik mampu berfungsi secara optimal terutama dalam peningkatan pendidikan watak dan budi pekerti agar dapat mengembalikan wibawa lembaga dan tenaga kependidikan.
c.       Melakukan pembaharuan sistem pendidikan termasuk pembaharuan kurikulum, berupa diversifikasi kurikulum untuk melayani keberagaman peserta didik, penyusunan kurikulum yang berlaku nasional dan lokal sesuai dengan kepentingan setempat, serta diversifikasi jenis pendidikan secara profesional.
d.      Memberdayakan lembaga pendidikan baik sekolah maupun luar sekolah sebagai pusat pembudayaan nilai, sikap, dan kemampuan, serta meningkatkan partisipasi keluarga dan masyarakat yang didukung oleh sarana dan prasarana memadai.
e.      Melakukan pembaharuan dan pemantapan sistem pendidikan nasional berdasarkan prinsip desentralisasi, otonomi keilmuan dan manejemen.
f.        Meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang diselenggarakan baik oleh masyarakat maupun pemerintah untuk memantapkan sistem pendidikan yang efektif dan efisien dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
g.      Mengembangkan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin secara terarah, terpadu, dan menyeluruh melalui berbagai upaya proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal disertai dengan hak dukungan dan lindungan sesuai dengan potensinya.



PENUTUP
A.     Kesimpulan :
Sebagaimana dijelaskan didepan bahwa politik strategi nasional dalam aturan ketatanegaraan selama ini ditunagkan dalam bentuk GBHN yang ditetapkan oleh MPR dan pelaksanaannya dilaksanakan oleh presiden selaku mandataris MPR oleh karena itu GBHN merupakan program Negara dan merupakan amanat rakyat,maka pemerintah dalam melaksanakan tugas mengemban amanat rakyat tersebut harus benar-benar bebas dari korupsi kolusi dan epotisme (KKN) guna mencapai tujuan nasional.
Tingkat pendidikan di Indonesia yang masih rendah menunjukan masih kurangnya keberhasilan pemerintah dalam menyusun strategi dalam bidang pendidikan ini. Bukan karena apa, tantangan yang dihadapi pemerintah dalam penyetaraan pendidikan di Indonesia juga cukup berat dilihat kondisi geografis dan luas wilayah Indonesia juga yang sangat besar dan belum semua wilayah dapat terjamah. Oleh karenanya walaupun begitu demi mewujudkan cita cita bangsa yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa seluruh warga Negara Indonesia juga harus turut serta berpartisipasi untuk mewujudkannya.

B.     Saran
Keberhasilan politik dan strategi pembangunan Indonesia akan berhasil dengan baik dan memiliki manfaat yang seluas-luasnya bagi peningkatan kesejahteraan dan kebahagiaan seluruh rakyat, jikalau para warga Negara teutama para penyalemggara Negara memiliki moraliyas, semangat,serta sikap mental.
Kesadaran seluruh masyarakat akan pentingnya pendidikan sangat diperlukan dalam praktiknya. Selain itu ada beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan oleh pemerintah perihal kemajuan pendidikan di Indonesia ini :
1.      Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta profesionalisme para tenaga pendidik.
2.      Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik.
3.      Memperbarui sistem pendidikan dan selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan untuk menjaga kualitas pendidikan sesuai dengan kemajuan zaman.
4.      Menjaga, mengevaluasi dan selalu meningkatkan kualitas lembaga pendidikan untuk bisa mencetak peserta didik yang berkualitas.










Daftar pustaka :



Comments

  1. LuckyClub Casino Site - Latest news, reviews, bonus offers & promotions
    LuckyClub.com is luckyclub.live a real casino that gives you the opportunity to win real money and play games for free. It's a legit online casino that has been operating since 1997

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

komposisi titik

 Untuk blog kali ini aku mau ngasih preview salah satu tugas esbenku yang komposisi itik. Mungkin nanti ini temen temen ku pada bilang aku mau nyombong apa gimana ya terserah deh ya, tapi sebenernya aku cuma bingung mau nulis apa untuk tugas komputer dasar ini. Di blog sebelumnya kan berisi kaya puisi gitu ya , padahal si kalo aku bilang itu hanya beberapa kata yang terlintas aja di otak terus aku susun biar ngga terlihat sedemikian rupa. Sampe ada yang nanya kenapa sih atika galau mulu? Atau kenapa isi semua sosmed kata katanya galau mulu? Sebenernya itu tuh Cuma karya yang aku buat dari beberapa cerita teman temen ku yang seing curhat jadi   iseng iseng deh dibikin kaya gitu. Dan ya makasih yang nyuruh aku buat nulis,sampe akhirnya aku bisa nulis kata kata yang biasa ini. Lahh malah jadi curhat ..... Kembali ke pembahasan !!! Berhubung aku abis penilaian esben dan sekarang masih stres dengan tugas esben sekalian mau share karya pertama dan tugas pertama esbenku. Jadi aku

KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG EKONOMI

KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG EKONOMI   DAFTAR ISI DAFTAR ISI....................................................................................................... KATA PENGANTAR........................................................................................ PENDAHULUAN.................................................................................. A.       Latar Belakang................................................................................................... PEMBAHASAN............................................................................................ A.       Ketahanan NasionaL........................................................ B.       Ekonomi ................................................................................................. C.       Pengaruh Ketahanan Nasional di Bidang Ekonomi ..........................................................