Skip to main content

Arsitektur Uzbekistan


Arsitektur Uzbekistan

Uzbekistan merupakan negara yang terletak di Asia tengah. Secara geografis, Negara ini sebagian wilayahnya berada di Asia tengah dan Eropa timur, sebelumnya negara ini merupakan bagian dari Uni Soviet. Uzbekistan sendiri berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah barat dan utara, Kirgiztan dan Tajikistan di Timur dan Afghanistan serta Turmenistan di selatan. Walaupun selama berada di bawah Uni soviet, penduduk di negara ini mayoritas memeluk agama Islam.
Di masa lalu, Uzbekistan merupakan negri yang eksotisme yang luar biasa, identik dengan padang pasir disertai dengan perdagangan jalur sutra, Menara-menara anggun, madrasah-madrasah, makam beraksitektur oriental hingga pemandangan kebudayaan Islam. Peninggalan-peninggalan di masa lalu ini masih ada sampai sekarang

   
Arsitektur Uzbekistan dianggap sebagai simbol sejarah bangsa-bangsa. Terlepas dari perubahan kondisi ekonomi, kemajuan teknologi, fluktuasi demografis dan pergeseran budaya, orisinalitas arsitektur Uzbek dapat dilihat di negara ini. Samarkand, Bukhara, Khiva, Shakhrisabz, Termez dan Kokand adalah pusat arsitektur seni dan sains yang paling terkenal. Bangunan bangunan terkenal seperti di registan square, makam imam bukhori, komplek imam bukhori dan bangunan lainnya memiliki kesan sejarah yang kuat.

Ornament adalah salah satu bagian detai bangunan yang sangat jelas menggabarkan history dari bangunan tersebut. Kebanyakan ornament berupa tulisan kaligrafi dari al quran, geometris, flora dan beberapa fauna. Namun di bangunan ulughbeg madrasah terdapat ornament berrupa bulan dan bintang yang mengwakili kesukaan ulughbek akan dunia astronominya. Warna warna yang digunakan juga berasal dari alam dan terkenal waktu itu, seperti biru, hijau, kuning, merah. Jika dilihat arsitektur uzbekistan banyak bangunan yang menggunakan pishtaq, hal itu disebabkan karena banyak arsitek yang berasal dari iran yang membawa budayanya. Rata rata bangunan di uzbekistan ini menggunakan material batu bata dan kayu untuk pintu dan jendelanya. Untuk ornament berwarna terbuat dari batu bata yang dipanaskan hingga menimbulkan beberapa warna.

         
                Untuk bangunan yang lebih modern mereka arsitekturnya sudah mengadaptasi perkembangan jaman akan tetepi masih banyak bangunan modern yang tidak menghilangkan ciri khas negaranya yaitu melalui iwan, pishtaq atau niche.
 

Comments

Popular posts from this blog

poltik dan strategi nasional dalam bidang pendidikan

DAFTAR ISI DAFTAR ISI..................................................................................................................... KATA PENGANTAR.......................................................................................................... PENDAHULUAN............................................................................................................... A.       Latar Belakang.................................................................................................... PEMBAHASAN................................................................................................................. A.       Pengertian Politik dan Strategi ........................................................................... B.       Politik dan Strategi Nasional............................................................................... C.       Penyusunan Politik dan Strategi Nasional........................................................... D.

komposisi titik

 Untuk blog kali ini aku mau ngasih preview salah satu tugas esbenku yang komposisi itik. Mungkin nanti ini temen temen ku pada bilang aku mau nyombong apa gimana ya terserah deh ya, tapi sebenernya aku cuma bingung mau nulis apa untuk tugas komputer dasar ini. Di blog sebelumnya kan berisi kaya puisi gitu ya , padahal si kalo aku bilang itu hanya beberapa kata yang terlintas aja di otak terus aku susun biar ngga terlihat sedemikian rupa. Sampe ada yang nanya kenapa sih atika galau mulu? Atau kenapa isi semua sosmed kata katanya galau mulu? Sebenernya itu tuh Cuma karya yang aku buat dari beberapa cerita teman temen ku yang seing curhat jadi   iseng iseng deh dibikin kaya gitu. Dan ya makasih yang nyuruh aku buat nulis,sampe akhirnya aku bisa nulis kata kata yang biasa ini. Lahh malah jadi curhat ..... Kembali ke pembahasan !!! Berhubung aku abis penilaian esben dan sekarang masih stres dengan tugas esben sekalian mau share karya pertama dan tugas pertama esbenku. Jadi aku

KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG EKONOMI

KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG EKONOMI   DAFTAR ISI DAFTAR ISI....................................................................................................... KATA PENGANTAR........................................................................................ PENDAHULUAN.................................................................................. A.       Latar Belakang................................................................................................... PEMBAHASAN............................................................................................ A.       Ketahanan NasionaL........................................................ B.       Ekonomi ................................................................................................. C.       Pengaruh Ketahanan Nasional di Bidang Ekonomi ..........................................................